ANALISIS PERKEMBANGAN DESA BERBASIS KOMODITI TANAMAN PANGAN DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA, KABUPATEN DELI SERDANG, PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Nelly Sinaga Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Darma Agung
  • Mei Linda Sipayung Universitas Darma Agung
  • Fiarni Laia Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) komoditi tanaman pangan manakah yang menjadi komoditi basis di setiap desa, (2) berapa besar kontribusi komoditi basis dalam pembangunan daerah, (3) bagaimana daya saing komoditi basis dalam pembangunan daerah. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian mulai bulan mei sampai dengan juli 2021. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data skunder. Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis Location Quotient (LQ), kontribusi dan dayasaing. Komoditas padi dan jagung merupakan komoditas basis terbanyak di beberapa desa di Kecamatan Tanjung Morawa. Kontribusi tanaman komoditi padi dan jagung dalam pembangun daerah Kecamatan Tanjung Morawa tinggi dengan nilai rata-rata kontribusi sebesar (71,58 % dan 5,32 %). Hasil analisis RCA menunjukan bahwa komoditas padi memiliki daya saing tinggi dengan rata-rata nilai 1,082 > 1 dan komoditas jagung memiliki daya saing rendah dengan rata-rata nilai 0,29 < 1.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
SINAGA, Nelly; SIPAYUNG, Mei Linda; LAIA, Fiarni. ANALISIS PERKEMBANGAN DESA BERBASIS KOMODITI TANAMAN PANGAN DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA, KABUPATEN DELI SERDANG, PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 275-283, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1659>. Date accessed: 24 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1659.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)