HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN MARKUS MEDAN T.A 2020/2021

  • Hervine Tinambunan Universitas Darma Agung
  • Eni Mariani Universitas Darma Agung
  • Enjelina Saragih Universitas Darma Agung

Abstract

Secara umum fakta dilapangan menunjukkan bahwa Lingkungan belajar kurang memadai, Motivasi belajar siswa masih rendah, Hasil belajar siswa rendah, dan Sarana dan prasarana kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan motivasi  belajar siswa kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Markus  Medan T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Markus Medan T.A 2020/2021 sebanyak 30 orang. sampel penelitian yaitu 30 orang dengan teknik sampel total. Jenis penelitian ini adalah deskriptif  korelasional. Alat Pengumpulan data  penelitian  ini  menggunakan  angket. Angket terdiri dari 30 pertanyaan serta telah  di uji Validitas Angket dan reliabilitas angket.  Hasil penelitian menunjukan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara Lingkungan Belajar dengan Motivasi  Belajar Pendidikan Agama Kristen   Siswa Kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Markus Medan T.A 2020/2021 berdasarkan hasil uji statistik uji t di peroleh thitung > ttabel (16,54 > 1,69).

Published
Jul 30, 2022
How to Cite
TINAMBUNAN, Hervine; MARIANI, Eni; SARAGIH, Enjelina. HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN MARKUS MEDAN T.A 2020/2021. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 117-127, july 2022. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1697>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles