PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 13 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 13 Medan. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sikap nasionalisme sangat penting. Akibat dari rendahnya sikap nasionalisme siswa akan menimbulkan permasalahan-permasalahan, yang terwujud pada tindakan-tindakan dan perilaku, terutama di kelas X-8. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X-8 yang terdiri dari 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase sikap nasionalisme yang diamati pada proses pembelajaran dari pra siklus,siklus I, dan siklus II, berdasarkan observasi yaitu meningkat 62,8% dan dari siklus I ke siklus II berdasarkan observasi adanya peningkatan sebesar 88,8%, Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran PPKn dapat meningkatkan Sikap Nasionalisme siswa kelas X-8 SMA Negeri 13 Medan di semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.