ANALISIS KEBIJAKAN GURU BANTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA SUMBULUSSALAM PROVINSI ACEH

  • Zaini Rahmad Universitas Darma Agung
  • Matius Bangun Universitas Darma Agung

Abstract

Sektor Pendidikan merupakan faktor yang sangat fundamental dalam pembangunan suatu bangsa khususnya pembangunan sumberdaya manusia (SDM). Hal ini ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45) yang mengamanatkan tentang pentingnya pendidikan bagi warga negara Indonesia.  Klusul tersebut termaktup pada pasal 31 ayat 1 yang berbunyi bahwa pada hakekatnya setiap warga negara berhak dan wajib memperoleh pengajaran. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana implementasi (pelaksanaan) tentang Program Guru Bantu di Kota Sumbulussalam ? b) Bagaimana perumusan strategi yang akan


 


dilaksanakan Pemerintah Kota Sumbulussalam dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kinerja Guru Bantu? Penelitian ini adalah bersifat qualitative. Hasil Evaluasi terhadap Kebijakan Pengadaan Guru adalah bahwa tujuan sudah sesuai yang diharapkan meskipun belum sepenuhnya tercapai, Akuntabilitas pengadaan Guru Bantu sudah di lakukan di Paripurna DPRD, Masukan yang di berikan adalah menambah Guru bantu untuk jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) pada tahun berikutnya. Indikator dominan dalam peningkatan Kinerja Guru Bantu dalam rangka peningkatan Kualitas Pendidikan adalah Kualitas Kerja, Kecepatan/Ketepatan, daya tanggap dalam bekerja, ketrampilan, dan penyampaian pesan. Sehubungan dengan pencapaian hasil kerja yang baik untuk meningkatkan mutu kerja dengan adanya Perbaikan Kurikulum, tersusunnya Kebijakan Pendidikan, tersedianya Fasilitas Pendidikan serta berjalannya Aplikasi Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Strategi yang ditempuh dalam meningkatkan kinerja guru bantu nntuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Sumbulussalam adalah mendukung Strategi Difersifikasi yaitu memanfaatkan Kekuatan dengan meminimalisasi Hambatan.

Published
Aug 31, 2022
How to Cite
RAHMAD, Zaini; BANGUN, Matius. ANALISIS KEBIJAKAN GURU BANTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA SUMBULUSSALAM PROVINSI ACEH. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 170-181, aug. 2022. ISSN 2655-8971. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/1895>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i2.1895.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>