IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) PADA PEMBUATAN E-KTP DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NIAS UTARA

  • Matius Bangun Universitas Darma Agung
  • Lihati Zalukhu Universitas Darma Agung
  • Feriwati Laia Universitas Darma Agung

Abstract

Tuntutan perluasan penyelenggaraan kependudukan memegang peranan penting dalam pemberian jaminan hukum dan kepastian hukum bagi setiap individu dan hak-hak sipilnya untuk memperoleh perlindungan hukum. Administrasi publik atau manajemen publik adalah sistem manajemen pelayanan publik bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterbatasan atau permasalahan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Masa Pandemi tidak jauh berbeda dengan Kebiasaan dan Kegunaan Merekam EKTP di atas Saat jaringan internet bagus dan juga tidak ada pemadaman listrik, bisa langsung mencetak dalam 5 (lima) menit dan menyelesaikan masalah yang dikeluhkan orang dalam jangka panjang Jarak yang Petugas kependudukan sudah melayani di semua wilayah yang masih banyak warga yang belum mendapatkan KTP.

Published
Jan 10, 2022
How to Cite
BANGUN, Matius; ZALUKHU, Lihati; LAIA, Feriwati. IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) PADA PEMBUATAN E-KTP DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NIAS UTARA. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 118-132, jan. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1251>. Date accessed: 24 july 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>