PENGARUH ETIKA PELAYANAN PEMERINTAH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DESA SIFALAGO SUSUA KECAMATAN SUSUA KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Bertha Nelya Universitas Darma Agung
  • Yakobus Buulolo Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etika Pelayanan Pemerintah Desa terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Sifalago Susua Kecamatan Sususa Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melalui rumus koefisien korelasi yaitu mengukur keeratan hubungan antara etika pelayanan dan kepuasan masyarakat, selain itu peneliti juga menggunakan metode analisis regresi sederhana dalam menguji hipotesis, selain itu peneliti juga menggunakan analisis uji t dan uji f. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner terhadap 41 Kepala Keluarga di Desa Sifalago Susua Kecamatan Susua Kabupaten Nias Selatan, yang penentuan sampel ditentukan dengan rumus solvin dengantingkat kesalahan 15%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tabel nilai t hitung berdasarkan output SPSS 20 adalah sebesar 6,099. Dalam kasus ini nilai t hitung > t tabel, dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa variabel etika pelayanan pemerintah Desa Sifalago Susua secara individual mempengaruhi secara signifikan adalah hal yang menjelaskan variabel dependen yaitu kepuasan masyarakat secara signifikan. Sedangkan uji f menunjukkan bahwa uji f test didapat sebesar 39,265 dengan probabilitas 0,000. Karena probabilitas lebih kecil 0,05 maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi Etika pelayanan pemerintah Desa Sifalago Susua atau dapat dikatakan bahwa kepuasan masyarakat berpengaruh terhadap Etika pelayanan pemerintah Desa Sifalago Susua.

Published
Jan 10, 2022
How to Cite
NELYA, Bertha; BUULOLO, Yakobus. PENGARUH ETIKA PELAYANAN PEMERINTAH TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DESA SIFALAGO SUSUA KECAMATAN SUSUA KABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 157-168, jan. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1254>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles