ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KORAN DI PT HARIAN TRIBUN MEDAN

  • Joy Silvana Arionang Universitas Darma Agung
  • Sarnita Oktaviani Simanullang Universitas Darma Agung
  • Sabar L.T Simatupang Universitas Darma Agung
  • Jonner Lumban Gaol Universitas Darma Agung

Abstract

Membaca koran merupakan kebiasaan yang baik karena dapat memberikan nilai pendidikan yang luar biasa. Informasi yang didapatkan tidak hanya mengenai politik namun tentang ekonomi, hiburan, olahraga, bisnis, industri, perdagangan dan lain lain. Melalui PT. Harian Tribun Medan, surat kabar atau koran masih laku di pasaran. PT. Harian Tribun Medan menjual dan mendistribusikan koran ke berbagai macam kalangan, mulai dari koordinator, agen dan lain sebagainya. Meskipun minat baca di Indonesia sangatlah minim persentasinya, Tribun Medan masih dapat mempertahankan penjualan Koran dengan kuantiti yang cukup stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis strategi pemasaran berupa koordinator, agen dan modern chanel dalam  meningkatkan penjualan koran di PT. Harian Tribun Medan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen yaitu strategi pemasaran dan penjualan koran dan 1 variabel dependen yaitu tingkat penjualan koran.  Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan PT. Harian Tribun Medan dalam meningkatkan penjualan belum menghasilkan permintaan pasar  yang meningkat, melainkan mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya pandemi Covid – 19 yang menyebabkan gerai – gerai terpaksa ditutup, meningkatnya persaingan media digital yang lebih praktis serta kurangnya minat baca masyarakat Indonesia.

Published
Dec 15, 2024
How to Cite
ARIONANG, Joy Silvana et al. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KORAN DI PT HARIAN TRIBUN MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 133 – 144, dec. 2024. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/5304>. Date accessed: 15 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v13i2.5304.

Most read articles by the same author(s)