ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KORAN DI PT HARIAN TRIBUN MEDAN
Abstract
Membaca koran merupakan kebiasaan yang baik karena dapat memberikan nilai pendidikan yang luar biasa. Informasi yang didapatkan tidak hanya mengenai politik namun tentang ekonomi, hiburan, olahraga, bisnis, industri, perdagangan dan lain lain. Melalui PT. Harian Tribun Medan, surat kabar atau koran masih laku di pasaran. PT. Harian Tribun Medan menjual dan mendistribusikan koran ke berbagai macam kalangan, mulai dari koordinator, agen dan lain sebagainya. Meskipun minat baca di Indonesia sangatlah minim persentasinya, Tribun Medan masih dapat mempertahankan penjualan Koran dengan kuantiti yang cukup stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis strategi pemasaran berupa koordinator, agen dan modern chanel dalam meningkatkan penjualan koran di PT. Harian Tribun Medan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen yaitu strategi pemasaran dan penjualan koran dan 1 variabel dependen yaitu tingkat penjualan koran. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan PT. Harian Tribun Medan dalam meningkatkan penjualan belum menghasilkan permintaan pasar yang meningkat, melainkan mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya pandemi Covid – 19 yang menyebabkan gerai – gerai terpaksa ditutup, meningkatnya persaingan media digital yang lebih praktis serta kurangnya minat baca masyarakat Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.