PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL BEKAS PADA PT. JBA CABANG MEDAN
Abstract
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Biaya Promosi berpengaruh pada volume penjualan mobil bekas pada PT. JBA Cabang Medan”. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengetahui apakah Biaya Promosi berpengaruh pada Volume Penjualan Mobil Bekas pada PT. JBA Cabang Medan. Sementara hipotesis dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang positif antara Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan pada PT. JBA Cabang Medan. Penelitian ini diambil dari periode tahun 2011-2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan persamaan regresi sederhana sebagai berikut Y = 289.931 + 0.026X. Hasil pengujian statistik t dengan membandingkan antara t hitung dengan t tabel yaitu t hitung (5,046 ) lebih besar dari t tabel (3,182 ), yaitu artinya biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Artinya semakin tinggi biaya promosi maka akan semakin tinggi pula volume penjualan. Pengujian determinasi R menjelaskan nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,981. Angka ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel biaya promosi dalam menjelaskan atau memberikan sebagian besar informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi volume penjualan yang dapat dijelaskan oleh persamaan regresi sebesar 98,1%, sedangkan sisanya yaitu 1,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar persamaan model. Saran dalam penelitian ini PT. JBA Cabang Medan di harapkan lebih diat lagi dalam meningkatkan volume penjualannya guna mencapai laba yang sebesar-besarnya.