PENGARUH MEREK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PT. SUAN BAKERY MEDAN
Abstract
Merek merupakan suatu nama, simbol tanda desain atau gabungan diantaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah merek berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian produk di PT. Suan Bakery Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh merek terhadap proses keputusan pembelian di PT. Suan Bakery Medan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah merek berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian produk di PT.Suan Bakery. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, uji determinasi, uji t. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 82. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yaitu ada Pengaruh Aspek Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Di PT. Suan Bakery. Penelitian ini menunjukkan persamaan regresi dimana Y= 2,595+ 0,566 X yang artinya aspek merek memiliki pengaruh yang positif terhadap minat keputusan konsumen.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil uji t dimana thitung = 8,767 sedangkan nilai ttabel =0,67757 sehingga thitung>ttabel yang artinya jika merek ditingkatkan maka minat konsumen juga akan meningkat. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah dari hasil uji koefisien determinasi pada R Sguare sebesar 0,490 hal ini menunjukkan bahwa minat beli konsumen 49% dipengaruhi oleh aspek merek dan sisanya 51% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Saran dari penelitian ini adalah akan lebih baik lagi jika aspek merek terus diterapkan dan ditigkatkan dengan disertai meningkatnya minat konsumen, karena karyawan PT. Suan Bakery akan memiliki peluang untuk menyalurkan kreativitasnya dengan ide merek yang lebih baik.