ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG MENGGUNAKAN MODEL PERSEDIAAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT. KIMIA FARMA APOTEK CABANG ISKANDAR MUDA MEDAN

  • Arnita Manik Universitas Darma Agung
  • Novita Sari Marbun Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perhitungan Economic Order Quantity (EOQ) dapat dijadikan sebagai Pengendalian Persediaan Barang Dagang pada PT. Kimia Farma Apotek Cabang Iskandar Muda. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara metode pengendalian persediaan menurut kebijakan perusahaan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan langkah (1) Mengumpulkan informasi mengenai jumlah persediaan barang dagang pada semester pertama tahun 2020. (2) Mengolah data-data tersebut untuk mengetahui pengendalian persediaan barang dagang berdasarkan kebijakan perusahaan. (3) Menganalisis data-data yang telah diolah tersebut menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian membuktikan bahwa Economic Order Quantity (EOQ) lebih efisien dari metode yang digunakan oleh perusahaan. Penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat mengurangi total biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan yaitu sebesar Rp69.235. Dengan metode EOQ ini dapat menghindari terjadinya keterlambatan penyediaan barang dagang, karena penyediaan barang dagang dapat dipastikan konstan dan sesuai leadtime. Maka mencapai tujuan penelitian, perusahaan sebaiknya menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ).

Published
Dec 31, 2021
How to Cite
MANIK, Arnita; MARBUN, Novita Sari. ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG MENGGUNAKAN MODEL PERSEDIAAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT. KIMIA FARMA APOTEK CABANG ISKANDAR MUDA MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 184-195, dec. 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1831>. Date accessed: 16 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i2.1831.
Section
Articles