PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BERASTAGI BINTANG ASIA MEDAN

  • Ludina Tafonao Universitas Darma Agung
  • Ima Agustina Tarigan Universitas Darma Agung

Abstract

Ada pun tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Harga terhadap Volume Penjualan pada PT. Berastagi Bintang Asia Medan, mengetahui pengaruh Promosi terhadap Volume Penjualan pada PT. Berastagi Bintang Asia Medan, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Berastagi Bintang Asia Medan dan mengetahui pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Berastagi Bintang Asia Medan. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dengan instrumen kuisioner


 


dilakukan pada PT. Brastagi Bintang Asia Medan, dengan jumlah populasi pelanggan per bulannya sebanyak 35.500 orang. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 orang.


Adapun hasil penelitian adalah persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 8,094 + 0,212X1 + 0,706X2 + 0,466X3, hasil uji hipotesis diperoleh Harga secara parsial berpengaruh terhadap Volume Penjualan  PT. Berastagi Bintang Asia Medan sebesar 2,447 dimana nilai thitung > ttabel (2,447 > 1,983) dan nilai sig < 0,05, Promosi secara parsial berpengaruh terhadap Volume Penjualan  PT. Berastagi Bintang Asia Medan sebesar 4,506, dimana nilai thitung > ttabel (4,506 > 1,983) dan nilai sig < 0,05, dan Kualitas Produk secara parsial berpengaruh terhadap Volume Penjualan  PT. Berastagi Bintang Asia Medan dimana nilai thitung > ttabel (4,802 > 1,983) dan nilai sig < 0,05. Selanjutnya secara simultan terdapat pengaruh signifikan Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan  PT. Berastagi Bintang Asia Medan dimana Fhitung > Ftabel (14,685 > 2,462) dan nilai sig < 0,05. Nilai Adjusted RSquare yaitu 0,746 atau 74,60%, artinya variabel penelitian memberikan sumbangsih atau kontribusi cukup besar dalam menjelaskan tentang Volume Penjualan  PT. Berastagi Bintang Asia Medan sebesar 74,60% sedangkan sisanya 25,40% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Published
Dec 31, 2021
How to Cite
TAFONAO, Ludina; TARIGAN, Ima Agustina. PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BERASTAGI BINTANG ASIA MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 109-124, dec. 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1816>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i2.1816.
Section
Articles