PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLINKERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KARO

  • Hernayanti Br Barus Universitas Darma Agung
  • Henida Giawa Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial maupun simultan disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Karo.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Karo yaitu sebanyak 42 orang.Uji instrumen pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dimana nilai thitung (2,452) lebih besar dari nilai ttabel (2,015), dan nilai signifikansinya sebesar 0,019 lebih kecil dari 0,05.Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dimana nilai thitung (6,670) lebih besar dari nilai ttabel (2,015), dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.Lingkungan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dimana nilai F hitung (33,789) lebih besardari nilai F tabel (2,83), dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh variabel bebas (lingkungan kerja dan disiplin kerja) terhadap variabel terikatnya (kinerja pegawai) sebesar 63,4%, sedangkan sisanya sebesar 36,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
BARUS, Hernayanti Br; GIAWA, Henida. PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLINKERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KARO. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 227-238, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1793>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i1.1793.
Section
Articles