PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. RICHEESE FACTORY MEDAN

  • Fatmawati Sembiring Universitas Darma Agung
  • Nurweni Nurweni Universitas Darma Agung

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan norma, perilaku, sikap, serta karakter yang digunakan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi orang untuk mencapai tujuan organisasi dan pengendalian internal merupakan suatu proses yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan sistem teknologi informasi yang dibuat dalam membentuk organisasi dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan kinerja adalah hasil kerja yang diperoleh dari fungsi atau indikator-indikator suatu pekerjaan dilihat dari aspek kuantitas dan kualitas dalam periode waktu tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengentahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan pengendalian internal terhadapat kinerja karyawan di PT. Richeese factory Medan. Metode penelitian dilakukan dengan dua metode yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan model


 


analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS (Statistica Product and Service Solution) versi 20.0. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang karyawan. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda yaitu Y = -0,199 + 0,505X1 + 0,314X2 yang artinya gaya kepemimpinan dan pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan uji t menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, dilihat bahwa nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,705 > ttabel 2,052. Artinya secara statistik dapat ditunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Dari hasil uji f diketahui nilai fhitung sebesar 17,427 > ftabel 3,34 artinya secara statistik dapat ditunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh terhadap kinerja karayawan. Penulis menyarankan supaya pemimpin perusahaan dapat meningkatkan kinerja para  karyawan dengan memperbaiki cara penyampaian pemimpin mengenai apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya.

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
SEMBIRING, Fatmawati; NURWENI, Nurweni. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. RICHEESE FACTORY MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 176-189, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1787>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i1.1787.
Section
Articles