PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR CAMAT MEREK KABUPATEN KARO
Abstract
Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan, diantaranya komitmen organisasi dan budaya organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dimana jumlah populasi sebanyak 22 responden. pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Sebelum kuesioner disebarkan pada responden, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, uji F dan uji R2. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y = -0,812+ 1,693 X₁ + 0,711 X₂. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh bahwa : (1) Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, dibuktikan dengan nilai t hitung (7,121) > nilai t tabel (2,085) dan nilai signifikansi (0,000) < 0,05; (2) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, dibuktikan dengan nilai t hitung (6,829) > nilai t tabel (2,085) dan nilai signifikansi (0,000) < 0,05; (3) Komitmen organisasi dan Budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, dibuktikan dengan nilai F hitung (340,418) > nilai F tabel (3,49) dan nilai signifikansi (0,000) < 0,05. Kontribusi komitmen organisasi dan budaya organisasi untuk menjelaskan kualitas layanan adalah
sebesar 97,3%, sedangkan sisanya sebesar 2,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.