ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO MARMEL FLORIST MEDAN

  • Anggun Melati Estelita Br Sibuea Universitas Darma Agung
  • Lidia Kando Universitas Darma Agung

Abstract

Perkembangan internet menyebabkan komunikasi menjadi lebih mudah. Selain sebagai sarana komunikasi antar individu, media sosial juga digunakan sebagai alat dalam pemasaran produk. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial dan menganalisis peran media sosial dalam mempertahankan tingkat loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskrptif dan penelitian ini difokuskan studi kasus pada Toko Marmel Florist Medan. Data diperoleh dari hasil wawancara penulis dengan pemilik toko dan dari akun media sosial Toko Marmel Florist Medan. Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial yang efektif dalam pemasaran adalah facebook dan instagram .Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial sangat memiliki peran penting dalam melakukan pemasaran dan juga dalam mempertahankan tingkat loyalitas pelanggan. Dan hasil tersebut terlihat bahwa terjadi peningkatan jumlah pembelian berulang dari pelanggan setia di tahun 2019. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelanggan lebih tertarik pada strategi pemasaran pada bentuk produk dan harga dibandingkan dengan promosi. Selain itu, produk yang ditawarkan oleh Toko Marmel Florist Medan kepada pelanggan atau calon pelanggan sesuai dengan apa yang dipasarkan melalui akun media media sosial toko, sehingga pelanggan merasa cukup puas dengan produk tersebut.

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
BR SIBUEA, Anggun Melati Estelita; KANDO, Lidia. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO MARMEL FLORIST MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 76-83, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1779>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i1.1779.
Section
Articles