PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA MIO PADA PT.ALFA SCORPII BILAL MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan desain terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor Yamaha mio pada PT.Alfa Scopii Bilal Medan. (studi kasus pembelian kendaraan Yamaha mio pada PT.Alfa Scopii Bilal Medan). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden dan menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi, dan desain berpengaruh signifikasi terhadap keputusan pembelian. Uji kualitas data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan
uji koefisien determinasi menjelaskan keputusan pembelian adalah sebesar 25,5% sedangkan sisanya sebesar 74,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model regresi, Uji F, Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh F hitung sebesar 16,677, karena nilai F hitung > F tabel (16,677 > 2,667). Konsekuensinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, dan Uji t, Karena nilai t hitung X2 dan X3 < t tabel (0,740 dan 1,814 < 1,976) maka konsekuensinya adalah Ho diterima, hasil Uji regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variable kualitas produk, promosi, dan desain terhadap keputusan pembelian dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh Y = 7,552 + 0,368 X1xx + 0,060 X2 + 0,163 X3x maka keputusan pembelian diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 7,552. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa kepercayaan kualitas produk memiliki pengaruh paling positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kendaran Yamaha mio pada PT.Alfa Scopii Bilal Medan.