PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA MIO PADA PT.ALFA SCORPII BILAL MEDAN

  • Heri Ferdinan Sinaga Universitas Darma Agung
  • Remin Bancin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan desain terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor Yamaha mio pada PT.Alfa Scopii Bilal Medan. (studi kasus pembelian kendaraan Yamaha mio pada PT.Alfa Scopii Bilal Medan). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden dan menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi, dan desain berpengaruh signifikasi terhadap keputusan pembelian. Uji kualitas data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan


 


uji koefisien determinasi menjelaskan keputusan pembelian adalah sebesar 25,5% sedangkan sisanya sebesar 74,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model regresi, Uji F, Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh F hitung sebesar 16,677, karena nilai F hitung > F tabel (16,677 > 2,667). Konsekuensinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, dan Uji t, Karena nilai t hitung X2 dan X3 < t tabel (0,740 dan 1,814 < 1,976) maka konsekuensinya adalah Ho diterima, hasil Uji regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variable kualitas produk, promosi, dan desain terhadap keputusan pembelian dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh Y = 7,552 + 0,368 X1xx + 0,060 X2 + 0,163 X3x maka keputusan pembelian diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 7,552. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa kepercayaan kualitas produk memiliki pengaruh paling positif  dan signifikan terhadap keputusan pembelian kendaran Yamaha mio pada PT.Alfa Scopii Bilal Medan.

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
SINAGA, Heri Ferdinan; BANCIN, Remin. PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA MIO PADA PT.ALFA SCORPII BILAL MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 54-65, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1764>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i1.1764.
Section
Articles