PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMK NEGERI 7 MEDAN
Abstract
Kinerja guru-guru tidak bisa dilepas dari adanya motivasi. Motivasi yaitu keadaan pribadi seseorang yang memberikan dorongan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu demi mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru-guru. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Medan dengan objek penelitian dibatasi hanya terhadap variabel motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja guru-guru sebagai variabel terikat. Banyaknya sampel penelitian ini ada 97 guru. Metode analisis statistik yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data adalah penelitian lapangan dan kepustakaan. Analisis regresi linier sederhana menghasilkan Y=14.318+0,379X, nilai thitung = 4,915 dan nilai ttabel = 1,660, nilai segnifikasinya diperoleh sebesar 0.000<0,05, koefisien korelasi determinasi (R2) = 0,450 memiliki arti bahwa variabel motivasi kerja memiliki hubungan cukup kuat terhadap kinerja guru-guru dan R Square = 0,203 berarti 20,3%. peningkatan kinerja guru-guru dapat dijelaskan oleh variabel motivasi sedangkan 70,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan motivasi kerja cukup kuat dan positif terhadap kinerja guru-guru sejalan dengan penelitian terdahulu dimana motivasi memiliki hubungan yang kuat dan positif terhadap kinerja. Disarankan kepada kepala sekolah SMK Negeri 7 Medan untuk dapat meningkatkan pemberian motivasi kerja kepada guru-guru agar kinerja guru-guru juga semakin maksimal.