PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

  • Eppian Tamba Universitas Darma Agung
  • Siska Rosalina Hasibuan Universitas Darma Agung

Abstract

ABSTRAK


 Perusahaan Tekstil merupakan salah satu industri besar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang baik. Untuk itu sebelum menginvestasikan modalnya dengan membeli saham seorang investor dapat menganalisis informasi kinerja keuangan perusahaan anatara lain Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan  Return On Equity sehingga para calon investor dapat memperoleh harga saham yang di perlukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah teori yang berkaitan dengan CR, DER dan ROE. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh CR, DER dan ROE terhadap Harga Saham pada perusahaan Tekstil  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Jumlah  seluruh Populasi penelitian yakni 18 perusahaan. Metode yang digunakan pengambilan sampel adalah tehnik purposive sampling. Jumlah seluruh sampel yakni 8 perusahaan. Data kuantitatif adalah data yang digunakan dalam penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik dokumentasi dengan browsing www.idx.co.id . Tehnikanalisis data menggunakan EVIEWS 10 dalam menguji regresi data panel, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan CR, DER dan ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa  CR dan DER tidak berpengaruh dan signifikan terhadap variabel terikat, dan ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Koefisien determinasi menunjukan nilai angka sebesar 66%, sisanya sebesar 34% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Published
Jun 24, 2022
How to Cite
TAMBA, Eppian; HASIBUAN, Siska Rosalina. PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 157- 168, june 2022. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1597>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v11i1.1597.
Section
Articles