PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAAP (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN )

  • Kartini Sihombing Universitas Darma Agung
  • Sharman Ndruru Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedaap Pada Mahasiswa Universitas Darma Agung Medan. Penelitian ini menggunakan data Primer. Dalam penelitian ini data Primer diperoleh dengan cara memberikan kuesioner dengan mengajukan sejumlah pertanyaan mengenai kualitas produk dari Mie Sedaap. Dan menggunakan Data Sekunder yang diperoleh melalui dokumen  yang dipelajari melalui buku, jurnal, majalah, dan internet untuk mendukung penelitian, dengan menggunakan sampel sebanyak 86. Variabel Independen  dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk. Variabel dependen dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil dari uji analisis regresi linear sederhana pada penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana yaitu : Y =12,386 + 0,653X yang dimana nilai konstanta sebesar 12,386 nilai koefisien regresi Kualitas Produk mempunyai pengaruh yang positif yang berarti jika Kualitas Produk meningkat sebesar satu satuan maka Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar 0,653 satuan. Penelitian ini menggunakan SPSS, Uji secara parsial nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung 11,679 > t tabel 1,98 maka hipotesis diterima dan ada pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien Determinasi R Square sebesar 0,619 berarti 61,9% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan  oleh  kualitas  produk. Sedangkan 38,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
Jun 24, 2022
How to Cite
SIHOMBING, Kartini; NDRURU, Sharman. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAAP (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DARMA AGUNG MEDAN ). JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 127- 137, june 2022. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1573>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v11i1.1573.
Section
Articles