PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN MEREK AQUA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DARMA AGUNG

  • Ronnie MT. Sirait Universitas Darma Agung
  • Dahliana Rajagukguk Universitas Darma Agung
  • Valencia Oktavia Chrisanti Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian minuman merek  Aqua.Populasi dalam penelitian ini adalah  mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Darma Agung, dengan jumlah 620 orang periode 2017-2020. Sementara sampel yang di peroleh didalam penelitian ini sebanyak 86 orang mahasiswa (responden). Untuk memperoleh data dan keterangan lainnya, penulis menggunakan metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Dalam penelitian digunakan skala likert. Pengujian menggunakan metode deskriptif dan analisi regresi linear berganda sebagai berikut Y = 2.854 + 0,389  + 0,166 . Dari persamaan tersebut maka dapat  diintrepretasikan bahwa variabel Citra Merek dan Persepsi Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa kedua variabel Independen Berpengaruh secara Parsial dimana signifikansi < 0,05. Dan uji F diperoleh bahwa variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap varibael dependen dimana F hitung 22,272 > F tabel 2,71.Dan berdasarkan Koefisien determinasi keputusan pembelian konsumen dapat di jelaskan dari hasil regresi sebesar 33,4%, sedangkan sisanya yaitu 66,6 % di jelaskan oleh variabel lain di luar variabel  yang di teiiti.

Published
Jun 24, 2022
How to Cite
SIRAIT, Ronnie MT.; RAJAGUKGUK, Dahliana; CHRISANTI, Valencia Oktavia. PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN MEREK AQUA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DARMA AGUNG. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 88- 100, june 2022. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1568>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v11i1.1568.
Section
Articles