PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYAORGANISASITERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR CAMAT MEREK KABUPATEN KARO

  • Veramika Br Sembiring

Abstract

Ada banyakfaktor yang mempengaruhikualitaspelayanan,diantaranyakomitmenorganisasi dan budayaorganisasi. Penelitianinidilakukandenganpendekatankuantitatif, dimanajumlahpopulasisebanyak 22 responden. Sebelumkuesionerdisebarkan pada responden, terlebihdahuludilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisisregresi linier berganda, dan pengujianhipotesisdilakukandengan uji t, uji F dan uji R2. Persamaanregresi linier berganda yang diperoleh dalam penelitianiniadalahY = -0,812+ 1,693 X₁ + 0,711 X₂. Berdasarkanpengujianhipotesis yang dilakukan, diperolehbahwa : (1) Komitmenorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (7,121) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (2) Budayaorganisasiberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai t hitung (6,829) >nilai t tabel (2,085) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05; (3) Komitmenorganisasi dan Budayaorganisasisecarabersama-samaberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkualitaslayanan, dibuktikandengannilai F hitung (340,418) >nilai F tabel (3,49) dan nilaisignifikansi (0,000) < 0,05. Kontribusikomitmenorganisasi dan budayaorganisasiuntukmenjelaskankualitaslayananadalahsebesar 97,3%, sedangkansisanyasebesar 2,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditelitidalampenelitianini.

Published
Jun 5, 2021
How to Cite
BR SEMBIRING, Veramika. PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYAORGANISASITERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR CAMAT MEREK KABUPATEN KARO. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 158-168, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1009>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)