PENGARUH KESESUAIAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT JBA CABANG MEDAN
Abstract
Banyak hal yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk yang disediakan oleh para pengusaha-pengusaha yaitu jenis produk, merek produk, kualitas produk dan harga produk. Setiap konsumen menginginkan suatu barang dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas yang baik. Demikian juga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh kesesuaian harga terhadap keputusan pembelian oleh konsumen pada PT JBA Indonesia Cabang Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kuisioner kepada konsumen sebagai sampel penelitian sebanyak 59 orang konsumen. Dari hasil uji yang telah dilakukan dengan bantuan software statistic SPSS, diketahui seluruh instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid dan reliabel serta ditemukan persamaan regresisederhana berikutY= 6.348 + 0,758X yang berarti menjelaskan bahwa tanpa adanya kesesuaian harga maka perolehan keputusan pembelian sebesar 6.348. Berdasarkan hasil uji parsial / t dapat disimpulkan bahwa kesesuaian harga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian motor di PT JBA Indonesia Cabang Medan. Dan dari uji determinasi artinya bahwa keputusan pembelian dipengaruhi kesesuaian harga sebesar 67,7%, sedangkan 32,3 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini, misalnya promosi, kualitas pelayanan dan sebagainya.