PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI PADA PASIEN YANG MENGGUNAKAN KATETER URINE DI RUANGAN INTERNA RSU MARTHA FRISKA MULTATULI

  • Magdalena Ginting Universitas Darma Agung
  • Ruri Pratiwi Lubis Universitas Darma Agung

Abstract

Infeksi adalah penyakit yang di sebabkan oleh mikroba patogen, dan bersifat sangat dinamis, Di Indonesia, kejadian infeksi saluran kemih pada penderita yang dirawat di rumah sakit banyak diakibatkan oleh infeksi yang didapat di rumah sakit, Pada pasien yang terpasang kateter urin ditemukan bakteri uria per harinya dirawat, infeksi yang ada di pusat pelayanan kesehatan ini dapat di tularkan atau di peroleh melalui petugas kesehatan, orang sakit, pengunjung yang berstatus karier atau karena kondisi rumah sakit perawat baru bahkan belum pernah mengikuti pelatihan terkait PPI sebelumnya.Tujuan peneliti untuk mengetahui pengetahuan perawat dalam pencegahan infeksi pada pasien yang menggunakan kateter urine. Jenis penelitian ini deskriptif, Populasi dalam penelitian ini seluruh perawat  yang bertugas di ruang rawat inap yaitu sebanyak 127 perawat, dengan sampel 56 perawat, Sampel penelitian menggunakan random sampling, Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan perawat dalam pencegahan infeksi pada pasien yang menggunakan kateter urin kurang. Diharapkan perawat untuk dapat mencari informasi tentang pencegahan infeksi dan di harapkan melakukan evaluasi diri dan menyadari pentingnya pencegahan infeksi sehingga dapat meningkatkan pelayanan pada pasien.

Published
Oct 8, 2019
How to Cite
GINTING, Magdalena; LUBIS, Ruri Pratiwi. PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI PADA PASIEN YANG MENGGUNAKAN KATETER URINE DI RUANGAN INTERNA RSU MARTHA FRISKA MULTATULI. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 105-109, oct. 2019. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/310>. Date accessed: 15 dec. 2019.
Section
Articles