HUBUNGAN PELAKSANA SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT MARTHA FRISKA PULO BRAYAN

  • Magdalena Ginting Universitas Darma Agung
  • Junita Romaito Sinaga Universitas Darma Agung

Abstract

Pendokumentasian merupakan bukti tertulis yang berguna untuk pertanggungjawaban perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Namun demikian banyak perawat tidak melakukan pendokumentasian karena merasa tugas itu menyita waktu sehingga banyak ditemukan ketidaklengkapan dalam dokumentasi keperawatan. Kepala ruangan bertanggungjawab dalam pendokumentasian asuhan keperawatan yang dilakukan oleh perawat pelaksana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelaksanaan supervisi kepala ruangan dengan pendokumentasian asuhan keperawatan di ruangan rawat inap di Rumah Sakit Martha Friska Pulo Brayan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat rawat inap di Rumah Sakit Martha Friska Pulo Brayan sebanyak 126 orang, dan sampel penelitian 56 perawat pelaksana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi, teknik pengambilan sampel yang digunakan accindental sampling. Analisa data menggunakan uji stastitik chi squer dengan derajat kemaknaan p<0,005. Berdasarkan hasil penelitian ini pelaksanaan supervisi kepala ruangan baik, pendokumentasian asuhan keperawatan lengkap serta menunjukkan ada hubungan antara supervisi kepala ruangan dengan pendokumentasian asuhan keperawatan, p value =0,003 (p<0,005). Saran bagi rumah sakit perlunya supervisi kepala ruangan secara periodik terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan, bagi perawat diharapkan untuk lebih meningkatkan pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan agar kualitas semakin meningkat.

Published
Feb 18, 2019
How to Cite
GINTING, Magdalena; SINAGA, Junita Romaito. HUBUNGAN PELAKSANA SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT MARTHA FRISKA PULO BRAYAN. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 32-37, feb. 2019. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/116>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)