PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITMEN GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN LABUHAN

  • Yunida Syahputri Pohan Universitas Darma Agung
  • Zainuddin Zainuddin Universitas Darma Agung
  • Dearlina Sinaga Universitas Darma Agung

Abstract

Kinerja kepala sekolah tergantung pada beberapa faktor diantaranya kompetensi supervisi manajerial, budaya organisasi dan komitmen guru.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung variabel kompetensi supervisi manajerial dan budaya organisasi terhadap kinerja kepala sekolah melalui komitmen organisasi sebagai variabel intervening.  Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah SD negeri dan swasta Sekecamatan Medan Labuhan, yang berjumlah 52 kepala sekolah. Untuk penentuan jumlah sampel digunakan metode sensus sehingga sampelnya 52 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis jalur, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada struktur 1, kompetensi supervisi manajerial dan budaya organisasi memberikan pengaruh langsung yang signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap komitmen guru pada SD Sekecamatan Medan Labuhan. Pada struktur 2, kompetensi supervisi manajerial, budaya organisasi dan komitmen guru memberikan pengaruh langsung yang signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kinerja kepala sekolah pada SD Sekecamatan Medan Labuhan. Variabel kompetensi supervisi manajerial dan budaya organisasi memberikan pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kinerja kepala sekolah melalui variabel intervening komitmen guru pada SD Sekecamatan Medan Labuhan.  Dengan adanya variabel intervening komitmen guru, maka pengaruh kompetensi supervisi manajerial dan budaya organisasi terhadap kinerja semakin kuat. Disarankan pengawas sekolah perlu memperbaiki kemampuannya dengan menguasi metode supervisi dan pengawas sekolah kurang menguasai metode, tekhnik, dan prinsip-prinsip supervise dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan disekolah.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
POHAN, Yunida Syahputri; ZAINUDDIN, Zainuddin; SINAGA, Dearlina. PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISI MANAJERIAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMITMEN GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN LABUHAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 112-129, apr. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1542>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles