PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK TEH BOTOL PADA PT SINAR SOSRO MEDAN

  • zainuddin zainuddin Universitas Darma Agung
  • Naikman Damanik

Abstract

Inovasi produk merupakan suatu pedoman yang diharapkan dapat mempengaruhi minat konsumen dalam pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan inovasi produk terhadap minat konsumen dalam pembelian. Dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara inovasi produk dan minat konsumen dalam pembelian Produk Teh Botol pada PT Sinar Sosro Medan. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah jenis kuantitatif dari sumber data primer. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linear sederhana menggunakan software SPSS (Statistica Product and Service Solution) versi 21.0. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 78 orang pelanggan. Hasil Penelitian ini menunjukkan persamaan regresi dimana Y=1,807 + 0,5X + e, yang artinya inovasi produk memiliki pengaruh yang positif terhadap minat konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa jika terjadi kenaikan inovasi produk sebanyak 1 satuan maka akan diikuti kenaikan minat konsumen sebesar 0,5 satuan. Berdasarkan uji signifikansi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan inovasi produk terhadap minat konsumen, dilihat bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,00<0,05 dan nilai thitung 5,626> ttabel 2,6403 artinya jika inovasi produk ditingkatkan maka minat konsumen juga akan meningkat. Dan dari hasil uji koefisien determinasi pada nila R Square sebesar 0,294 hal ini menunjukkan bahwa 29,4% minat konsumen dipengaruhi oleh inovasi produk dan sisanya 71,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.Hal ini akan lebih baik lagi jika inovasi produk terus diterapkan dan ditingkatkan dengan disertai meningkatnya minat konsumen, karena karyawan PT. Sinar Sosro akan memiliki peluang untuk menyalurkan kreativitasnya dengan ide inovasi yang lebih baik.

Published
Jun 25, 2021
How to Cite
ZAINUDDIN, zainuddin; DAMANIK, Naikman. PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK TEH BOTOL PADA PT SINAR SOSRO MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 121-130, june 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1014>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles