PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUK, HARGA, SALURAN DISTRIBUSI, PROMOSI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PADA PT. YASA KARYA INDONESIA MEDAN

  • Christina Indriani Sianipar Politeknik Pariwisata Medan
  • Ubat Panjaitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, saluran distribusi, promosi) terhadap keputusan pembelian rumah pada PT. Yasa Karya Indonesia Medan. Adapun rumusan masalah yang ingin diketahui adalah Apakah produk, harga,saluran distribusi, promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah pada PT. Yasa Karya Indonesia Medan?. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Yasa Karya Indonesia Medan dengan objek penelitian dibatasi hanya variabel bauran pemasaran (produk, harga, saluran distribusi, promosi) sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu sebuah penelitian studi penelitian data secara objektif melalui wawancara, observasi dan koesioner. Sampel yang diambil adalah sebanyak 35 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, realibilitas, analisis linear berganda, uji hipotesis. Dari hasil pengujian diperoleh statistik F dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel yaitu Fhitung 2,555 lebih besar dari ttabel 2,040  artinya produk, harga, saluran distribusi, promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian rumah. hal ini menggambarkan jika konstanta sebesar 7,519 artinya jika X1, X2, X3, X4 = 0 maka Y = 7,519. Berdasarkan data yang diolah diperoleh nilai signifikan R2 15,5% dapat dilihat keputusan pembelian dipengaruhi produk, harga, saluran distribusi, promosi sedangkan sisanya 84,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Pimpinan perusahaan dalam penjualan rumah subsidi harus mampu menetapkan harga rumah sesuai dengan harga pasar dengan harapan mendapatkan tingkat keputusan pembelian yang tinggi karena itu akan berdampak sangat baik bagi perusahaan dan dapat membantu masyarakat memiliki rumah.

Published
Jun 25, 2021
How to Cite
SIANIPAR, Christina Indriani; PANJAITAN, Ubat. PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUK, HARGA, SALURAN DISTRIBUSI, PROMOSI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PADA PT. YASA KARYA INDONESIA MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 102-120, june 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1012>. Date accessed: 05 may 2024.
Section
Articles