HUBUNGAN PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN SUKU BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MORAL SISWA KELAS XI SMK SWASTA HARAPAN BANGSA TAHUN 2022

  • Anni Wasni Tinambunan Universitas Darma Agung, Medan
  • Tri Anita Silitonga Universitas Darma Agung, Medan
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung, Medan
  • Sanhedrin Ginting Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang  signifikan antara Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa  Tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif  korelasional, Populasi dalam penilitan ini adalah Seluruh Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berjumlah 39 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan  menggunakan sampel total. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 30 item penanaman nilai-nilai toleransi dalam keberagaman suku bangsa melalui Pendidikan Kewarganegaraan yang valid 14 item sedangkan untuk Moral Siswa yang valid 14 item, dengan 4 option  sebelum angket digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis  data Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berdistribusi normal dengan  perhitun gan x2hitung < x2tabel (33,06 < 54,57). Data normalitas Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2h < x2t (29,361 < 54,57). Hasil uji linearitas data Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaran dengan moral siswa  adalah linear dengan persamaan Y= 10,24 +0,827x dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft  (54,57>0,355). Uji kecenderungan Penanaman Nilai-nilai Toleransi Dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 cenderung sedang (41%) dan Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022  cenderung Sedang( 38,4%).  Hasil  Uji korelasi product moment yang diperoleh rtabel= 0,308 .rhitung =1,956 dan rhitung > rtabel  (1,956 > 0,308). Hal ini menunjukan ada hubungan antara penanaman nilai-nilai toleransi dalam keberagaman suku bangsa melalui Pendidikan kewarganegaraan dengan moral siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 . Untuk menguji taraf  signifikan kedua variabel tersebut dilakukan dengan uji “t” diperoleh thitung 13,008 ttabel 1,684  th  > tt ( 13,008 > 1,684). Maka hal ini menunjukkan bahwa ada  hubungan yang signifikan antara Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022.

Published
Dec 12, 2022
How to Cite
TINAMBUNAN, Anni Wasni et al. HUBUNGAN PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN SUKU BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MORAL SISWA KELAS XI SMK SWASTA HARAPAN BANGSA TAHUN 2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 73 - 86, dec. 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/2467>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles