HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SISWA KELAS XII SMK SWASTA HARAPAN BANGSA TAHUN 2022

  • Katrin Tinambunan Universitas Darma Agung, Medan
  • Sri Helmina Situmorang Universitas Darma Agung, Medan
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung, Medan
  • Alimin Purba Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Literasi Digital dengan Implementasi Nilai-nilai Pancasila Siswa Kelas XII SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Swasta Harapan Bangsa berjumlah 93 orang. Karena populasi jumlah terbatas, maka seluruh populasi dijadikan sampel (sampel total). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berjumlah 15 item untuk Literasi Digital 14 item untuk Implementasi Nilai-nilai Pancasila Siswa yang masing-masing terdiri dari 4 option a,b,c,d yang sebelumnya telah diuji ke luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.Hasil uji normalitas data Literasi Digital (X) di SMK Swasta Harapan Bangsa berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (9,27 < 116,51). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Siswa (Y) di SMK Swasta Harapan Bangsa berdistribusi normal diperoleh Xh2 < Xt2 (48,62 < 116,51). Hasil uji linearitas data Literasi Digital dengan Implementasi nilai-nilai Pancasila Siswa adalah linear dengan persamaan Y = 19,10 + 0,547 X dikonsultasikan dengan Fh > Ft (19,10 > 3,94). Hasil uji kecenderungan Literasi Digital (X) dikategorikan baik (46,23%). Hasil uji kecenderungan Implementasi Nilai-nilai Pancasila Siswa (Y) dikategorikan sangat baik (33,33%).Berdasarkan hasil uji korelasi X dan Y diperoleh rhitung = 0,700 dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 93 diperoleh rtabel = 0,202. Karena rhitung > rtabel (0,700> 0,202) maka hal ini menunjukkan ada hubungan antara kedua variabel. Untuk menguji signifikan hubungan kedua variabel tersebut maka dilanjutkan dengan ujit. Hasil uji t diperoleh thitung= 9,35 ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel (9,35 > 1,66). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Literasi Digital dengan Implementasi Nilai-nilai Pancasila Siswa Kelas XII SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022.

Published
Dec 12, 2022
How to Cite
TINAMBUNAN, Katrin et al. HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SISWA KELAS XII SMK SWASTA HARAPAN BANGSA TAHUN 2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 47 - 61, dec. 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/2466>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)