RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP PEMBERIANPUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK KALIUM (KCl)

  • Wildam Halawa Universitas Darma Agung
  • Visensia Laia Universitas Darma Agung
  • Osten M. Samosir Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Desa Ambukha Km 41, Kecamatan Lolofitu Moi, Kabupaten Nias Barat, Pulau Nias. Penelitian dilakukkan pad bulan Mei-Agustus 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mngetahui adanya pengaruh pemberian pupuk organik cair, adanya pengaruh pemberian pupuk kalium serta pengaruh interaksi pupuk organik cair dan pupuk kalium terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang tanah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorisasi yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah Faktor P (pupuk organik cair) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu 0, 5, 10, dan 15 cc/l air/plot dan faktor kedua adalah faktor K (Kalium) yang terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu 5, 10, dan 15 gr/plot. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman (cm), di hari berbunga (hari), Indeks luas daun (cm2), . Data pengamatan dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi konsentrasi pupuk organik cair dan dosis pupuk kalium berpengaruh nyata terhadap persentase polong isi, jumlah polong hampa, berat kering brangkasan dan rendemen tanaman kacang tanah. Pengaruh  konsentrasi pupuk organik cair  berbeda nyata terhadap parameter  tinggi tanaman, jumlah polong hampa, berat kering polong dan rendemen kacang tanah. Perlakuan P terbaik pada konsentrasi pupuk cair hayati 10 cc/l air/plot. Pengaruh dosis pupuk kalium berbeda nyata terhadap parameter jumlah ginofor, jumlah polong hampa dan rendemen tanaman kacang tanah. Perlakuan K terbaik pada dosis pupuk kalium 10 g/plot.

Published
Sep 30, 2022
How to Cite
HALAWA, Wildam; LAIA, Visensia; SAMOSIR, Osten M.. RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP PEMBERIANPUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK KALIUM (KCl). JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 41 - 50, sep. 2022. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/2112>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/agrotekda.v6i2.2112.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>