ANALISIS KOMODITI UNGGULAN SEKTOR PERTANIAN DI KELURAHAN HARANGGAOL, KECAMATAN HARANGGAOL HORISON, KABUPATEN SIMALUNGUN PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Indah Rahmawati Zebua Universitas Darma Agung
  • Roma Jaya Girsang Universitas Darma Agung
  • Lilis S. Gultom Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi komoditi unggulan di sektor  bagi perekonomian dan  dapat menunjang dan dikembangkan dalam pembangunan ekonomi di Kelurahan Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara. (2) Mengetahui keterkaitan ke depan dan ke belakang (forward and back word linkages) dari komoditi unggulan sector pertanian tersebut. Sampel yang digunakan adalah data sekunder menggunakan Input Output sektor pertanian, sektor peternakan, sektor kehutanan, sektor perikanan, sektor bangunan atau konstruksi, sektor pengangkutan dan sektor parawisata, dan sektor jasa-jasa. Di Kelurahan Haranggaol yang menjadi komoditi unggulan berdasarkan analisis data Location Quention (LQ) adalah bawang merah, cabai, tomat, buah mangga, kopi dan ikan nila. Ada keterkaitan sektor pertanian dengan sektor-sektor lain dalam perekonomian Kecamatan Haranggaol dilihat dari Kontribusi sektor pertanian terhadap sektor perekonomian di daerah penelitian pada tahun 2012 sebesar 6,5 % dan pada tahun 2016 sebesar 9,30 %.

Published
Mar 31, 2021
How to Cite
ZEBUA, Indah Rahmawati; GIRSANG, Roma Jaya; GULTOM, Lilis S.. ANALISIS KOMODITI UNGGULAN SEKTOR PERTANIAN DI KELURAHAN HARANGGAOL, KECAMATAN HARANGGAOL HORISON, KABUPATEN SIMALUNGUN PROVINSI SUMATERA UTARA. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 47-54, mar. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2046>. Date accessed: 25 june 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)