ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK AIR SADAPAN POHON AREN (Arenga pinnata) MENJADI GULA AREN DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Jecksen Fipe Dasopang Universitas Darma Agung
  • Yusman Buulolo Universitas Darma Agung
  • Lilis S. Gultom Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ketersediaan input tersedia dari proses pengolahani nira aren menjadi gula aren di daerah penelitian, (2) menghitung besarnya nilai tambah yang dihasilkan dari proses pengolahan nira aren menjadi gula aren di daerah penelitian, (3) menghitung besar pendapatan yang diperoleh dari pengolahan nira aren menjadi gula aren di daerah penelitian, dan (4) kelayakan usaha pengolahan nira aren menjadi gula aren di daerah penelitian. Daerah penelitian ditentukan secara purposive (sengaja), yaitu di Kecamatan Tanjung Morawa Provinsi Sumatera Utara, sampel pada penelitian adalah pengolahan minggu I, minggu II, minggu III, minggu IV dan memiliki populasi sebanyak 2 home industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa home industri pengolahan nira aren menjadi gula aren di daerah penelitian, input sudah tersedia dengan skor 50 % (cukup tersedia). Nilai tambah sebesar Rp. 3,066.75/ kg dengan Rasio nilai tambah 60,33%. Pendapatan yang dihasilkan sebanyak Rp. 2,710,000/ bulan, dan pengolahan nira aren menjadi gula aren layak diusahakan di daerah penelitian dengan rasio R/C sebanyak 1,60 >1 yang berarti pengolahan gula aren memberikan keuntungan secara ekonomi.

Published
Sep 30, 2021
How to Cite
DASOPANG, Jecksen Fipe; BUULOLO, Yusman; GULTOM, Lilis S.. ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK AIR SADAPAN POHON AREN (Arenga pinnata) MENJADI GULA AREN DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA PROVINSI SUMATERA UTARA. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 56-64, sep. 2021. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/1384>. Date accessed: 22 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)