PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK TERHADAP GAYA KOMUNIKASI SISWA-SISWI KELAS V DI SD SWASTA RK SANTA MARIA PENEN

  • Eria Ginta Ginting Universitas Darma Agung
  • Saptaria Hasianna Sinaga Universitas Darma Agung
  • Sabrin Tinambunan Universitas Darma Agung
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.4368

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Tik Tok terhadap gaya komunikasi siswa-siswi kelas V di SD Swasta RK Santa Maria Penen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden 54 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (total sampling). Berdasarkan hasil uji melalui SPSS’25, diperoleh koefisien regresi sederhana dengan nilai konstant (a) sebesar 39.570. Sedangkan nilai penggunaan Aplikasi Tik Tok (X) koefisien regresi (b) sebesar 0,251. Sehingga diperoleh persamaan regresi linier Y= 39.570 + 0,251 X. konstanta sebesar 39.570, berarti nilai konsisten variabel gaya komunikasi (Y) adalah sebesar 39.570. koefisien regresi X sebesar 0,251. Koefisien regresi tersebut bersifat positif, sehingga dinyatakan bahwa hubungan pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif artinya terdapat pengaruh positif antara Penggunaan Aplikasi Tik Tok terhadap Gaya Komunikasi dan siswa-siswi kelas V SD Swasta RK Santa Maria Penen, lebih dominan menggunakan gaya komunikasi asertif (Assertive Style) dengan jumlah frekuensi dan persentase yang lebih tinggi sebesar 63.0%

Diterbitkan
Apr 30, 2024
##submission.howToCite##
GINTING, Eria Ginta; SINAGA, Saptaria Hasianna; TINAMBUNAN, Sabrin. PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK TERHADAP GAYA KOMUNIKASI SISWA-SISWI KELAS V DI SD SWASTA RK SANTA MARIA PENEN. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 14 - 21, apr. 2024. ISSN 2720-9822. Tersedia pada: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/4368>. Tanggal Akses: 18 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.4368.
Bagian
Articles