PENGARUH KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENDETA TERHADAP KEPUASAN RELIGI JEMAAT DI HKBP KARYA PEMBANGUNAN RESSORT MEDAN IV SEI AGUL

  • Berestina Megawati Universitas Darma Agung
  • Suwardi Lubis Universitas Darma Agung
  • Sabrin Tinambunan Universitas Darma Agung

Abstract

Dalam kehidupan kita sehari-hari, komunikasi antarpribadi adalah hal yang sangat penting yang sangat mempengaruhi kualitas keidupan. Komunikasi dalam kehidupan sangat dipengaruhi oleh hubungan dan persepsi antarpribadi antara sumber/penyampai pesan atau komunikator dan penerima pesan atau komunikan. Fenomena kepuasan religi jemaat merupakan fenomena yang layak diperhatikan karena dipengaruhi salah satunya oleh kinerja dari pendeta sebagai pemimpin dan pelayan gereja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi antarpribadi pendeta terhadap kepuasan religi jemaat dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan komunikasi antarpribadi pendeta di HKBP Karya Pembangunan Ressort Medan IV Sei Agul. Metode; Dalam penulisan tesis ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel proporsional distribusi sampel yang memperhatikan proporsi sebanyak 84 orang. Penelitian ini menggunakan analisis product moment. Hasil; Berdasarkan nilai signifikansi (Sig) :  dari output diatas diperoleh nilai Sig. (2-tailed) antara komunikasi antarpribadi pendeta dengan kepuasan religi jemaat adalah  0,000 < 0,05 dan berdasarkan nilai r hitung (Pearson Correlations) : diketahui nilai r hitung untuk hubungan komunikasi antarpribadi pendeta dengan kepuasan religi jemaat adalah sebesar 0,536 > r table 0,215. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi antarpribadi pendeta terhadap kepuasan religi jemaat di Gereja HKBP Karya Pembangunan. Untuk itu disarankan agar pendeta meningkatkan kemampuan berkomunikasi antarpribadi yang efektif dengan jemaat, sehingga pendeta dapat menyampaikan pesan-pesan dengan menyenangkan, jelas dan terarah serta jemaat dapat menerima pesan-pesan tersebut dengan baik pula.

Published
Dec 21, 2021
How to Cite
MEGAWATI, Berestina; LUBIS, Suwardi; TINAMBUNAN, Sabrin. PENGARUH KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENDETA TERHADAP KEPUASAN RELIGI JEMAAT DI HKBP KARYA PEMBANGUNAN RESSORT MEDAN IV SEI AGUL. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 50-58, dec. 2021. ISSN 2655-8971. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/1232>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v5i3.1232.
Section
Articles