PENGARUH PENGAWASAN DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA INSPEKTUR BANDAR UDARA PADA DIREKTORAT BANDAR UDARA DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

  • Arif Rahman Universitas Satyagama
  • Agus Hidayat Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah kinerja Inspektur Bandar Udara pada Direktorat Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Masalah kinerja tersebut, di sebabkan kurang efektifnya pengawasan dan rendahnya profesionalisme. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan profesionalisme terhadap kinerja Inspektur Bandar Udara pada Direktorat Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan baik secara parsial maupun bersama-sama. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling sebanyak 142 orang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, kuesioner dan studi pustaka. Statistik dekriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta hipotesis analisis data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan pengawasan dan profesionalisme terbukti secara positif dan nyata berpengaruh terhadap kinerja secara parsial maupun secara bersama-sama. Pertama, terdapat pengaruh positif dan nyata pengawasan terhadap kinerja sebesar 73,3%.  Kedua, terdapat pengaruh positif dan nyata profesionalisme terhadap kinerja sebesar 67,7%. Ketiga, terdapat pengaruh positif pengawasan dan profesionalisme secara bersama-sama terhadap kinerja sebesar 72,9%. Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kinerja Inspektur Bandar Udara pada Direktorat Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dapat dicapai melalui efektifnya pengawasan dan tingginya profesionalisme.

Published
Apr 21, 2024
How to Cite
RAHMAN, Arif; HIDAYAT, Agus. PENGARUH PENGAWASAN DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA INSPEKTUR BANDAR UDARA PADA DIREKTORAT BANDAR UDARA DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA KEMENTERIAN PERHUBUNGAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 550-563, apr. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4220>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4220.
Section
Artikel