PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Hotriado Harianja Universitas Darma Agung
  • Johari Sitompul Universitas Darma Agung
  • Samuel Rejeki Surbakti Universitas Negeri Medan

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak profitabilitas, yang diukur melalui return on assets (ROA), likuiditas, yang diukur dengan current ratio (CR), dan leverage, yang diukur dengan debt equity ratio (DER), serta kebijakan dividen sebagai variabel pemoderasi terhadap nilai perusahaan dalam konteks harga saham. Populasi riset mencakup perusahaan manufaktur subsektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 hingga 2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria khusus, menghasilkan 14 perusahaan yang memenuhi syarat, dengan total 56 observasi data selama periode empat tahun. Analisis dilakukan menggunakan model regresi linier berganda, dan uji moderasi dilakukan melalui Uji Interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil riset menunjukkan beberapa temuan penting: Pertama, profitabilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan (harga saham). Kedua, likuiditas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Ketiga, leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Keempat, secara bersama-sama, profitabilitas, likuiditas, dan leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Kelima, kebijakan dividen tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap harga saham. Namun, keenam, leverage mampu memoderasi pengaruhnya terhadap harga saham. Hasil ini menggambarkan pentingnya faktor-faktor tertentu dalam menentukan nilai perusahaan, sementara juga menyoroti keterbatasan kebijakan dividen dalam mempengaruhi hubungan antara profitabilitas, likuiditas, dan harga saham. Selain itu, peran moderasi leverage dalam hubungan dengan harga saham menunjukkan kompleksitas dinamika perusahaan dan pasar.

Published
Dec 26, 2023
How to Cite
HARIANJA, Hotriado; SITOMPUL, Johari; SURBAKTI, Samuel Rejeki. PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 6, p. 379 - 392, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4002>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i6.4002.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>