ANALISIS PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, DAN NET INTEREST MARGIN DENGAN RETURN ON ASSETS SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020

  • Chairunnisa Athari Hermawanty Universitas Darma Agung
  • Putra Jaya Tafonao Universitas Darma Agung
  • Hotriado Harianja Universitas Darma Agung
  • Monetaris Butar-butar Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Loan to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Net Interest Margin dengan Return on Assets sebagai variabel moderating terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2017 - 2020. Metode pengambilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling. Jumlah populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah 41 perusahaan dan 26 perusahaan sampel. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan Statistical Product and Service Solution versi 26.0 for windows dengan menggunakan uji signifikansi simultan (Uji F), uji signifikansi parsial (Uji t), dan uji residual variabel moderating. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Loan to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Net Interest Margin berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial Loan to Deposit Ratio berpengaruh tidak signifikan, Capital Adequacy Ratio berpengaruh negatif signifikan, dan Net Interest Margin berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Sementara uji residual menunjukkan bahwa Return on Asstes bukan merupakan variabel moderasi antara hubungan Loan to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, dan Net Interest Margin terhadap harga saham.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
HERMAWANTY, Chairunnisa Athari et al. ANALISIS PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, DAN NET INTEREST MARGIN DENGAN RETURN ON ASSETS SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 177 - 185, sep. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/3914>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i2.3914.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>