HUBUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS XII DI SMA SWASTA MULIA PRATAMA SIMALINGKAR

  • Pardamean Hotmauli Malau Universitas Darma Agung
  • Geloria Br Bangun Universitas Darma Agung
  • Juita Idaroyani Malau Universitas Darma Agung
  • Elisabeth Sitepu Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pembelajaran Online dengan Minat Belajar siswa kelas XII di SMA Swasta Mulia Pratama Simaligkar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Mulia Pratama Simaligkar kelas XII yang jumlah 80 orang dengan teknik kejuruan IPA dan IPS, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Mulia Pratama Simaligkar kelas XII yang jumlah 60 orang yang beragama Kristen. Sebagaimana ditentukan oleh metode kuantitatif menggunakan software SMART PLS. Metode pengumpulan data sebagai hasil penelitian dengan questioner yang menggunakan skala likert dengan 5 option jawaban. Hasil penelitian dalam mengukur validitas dimana hasil outer loding dari semua indikator > 0.7 hal ini menunjukkan semua indikator dari variabel X dan Y dapat mewakili variabel latern (konstruk). Demikian juga reliabilitas dimana CA, RO, CR, > 0.7 dan AVE >0.5, menunjukkan semua indikator reliabel maka hasil ini dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang menunjukkan adanya Hubungan Pembelajaran Online dengan Minat Belajar siswa dengan T. statistik > T. tabel yaitu 2.407 > 2000 dan p.value 0.016 < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan signifikan antara Pembelajaran Online dengan Minat Belajar siswa.

Published
Apr 30, 2021
How to Cite
MALAU, Pardamean Hotmauli et al. HUBUNGAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS XII DI SMA SWASTA MULIA PRATAMA SIMALINGKAR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 1, p. 358 - 373, apr. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3686>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i1.3686.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>