PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DOSEN DENGAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MEDAN

  • Heri Krisna Br Gurusinga Universitas Darma Agung
  • Syukur Kholil Dalimunthe Universitas Darma Agung
  • Elisabeth Sitepu Universitas Darma Agung

Abstract

Pendahuluan; Komunikasi adalah  kegiatan yang dilakukan setiap orang dalam kehidupan sehari–hari. Begitu pula dengan komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran. Selain memberikan materi pelajaran juga penting dalam proses komunikasi pembelajaran untuk dapat mengkomunikasikan harapan yang ingin dicapai, tujuan dan hasil pembelajaran, umpan balik juga evaluasi. Tujuan; untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dosen dengan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa di Politeknik Negeri Media Kreatif Medan. Metode; Dalam penulisan tesisi ini menggunakan metode yang bersifat korelasional. Mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif  Medan jurusan desain grafis semester II, IV, VI berjumlah 194 orang dengan sampel sebanyak 66 orang. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data uji hipotesis dengan uji t dan uji koefisien determinasi. Hasil; Mayoritas responden meyatakan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa berada dalam kategori cukup sebesar 56,1% ,  mayoritas prestasi akademik mahasiswa cukup sebesar 62,1%. Berdasarkan Hasil uji statistik regresi linear berganda diketahui nilai p = 0,000 < 0,05. Kesimpulan; Terdapat pengaruh yang sinifikan variabel Komunikasi antara Dosen dengan Mahasiswa terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif Medan. Saran; disarankan agar dosen meningkatkan kemampuan berkomunikasi interpersonal yang efektif dengan mahasiswa, sehingga dosen dapat menyampaikan materi kuliah dengan menyenangkan, jelas dan terarah serta mahasiswa dapat menerima pesan tersebut dengan baik.

Published
Dec 21, 2021
How to Cite
GURUSINGA, Heri Krisna Br; DALIMUNTHE, Syukur Kholil; SITEPU, Elisabeth. PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DOSEN DENGAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MEDAN. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 68-77, dec. 2021. ISSN 2655-8971. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/1234>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v5i3.1234.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>