PERANAN DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA DALAM MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKTIFSTIMULASI EKONOMI DI KOTA MEDAN

  • James Wilson Putra Dohona Universitas Darma Agung
  • Nurani Gulo Universitas Darma Agung
  • Elisabeth Sitepu Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Dinas Tenaga Kerja provinsi sumatera utara dalam meningkatkan kewirausahaan produktif stimulasi ekonomi di kota medan. Manfaat penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan, menaklukkan kebutuhan dan meningkatkan kewirausahaan produktif stimulasi ekonomi di kota medan. Metode penelitian deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik dan dengan cara deskreptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian bahwa Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara dalam meningkatkan kewirausahaan produktif stimulasi ekonomi secara serius memberdayakan atau membina wirausaha yang bernaung dibawahnya dengan berbagai program yang digunakan sebagai saranan dalam mengurangi jumlah pengangguran dan mewujudkan pengusaha yang kompetitif dan unggul, seperti yang tercantum dalam undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentangĀ  Ketenagaan Kerja, yang artinya pelaku usaha kecil dan menengah juga termasuk pengusaha antara pekerja UKM dengan pelaku UKM sebagai pengusaha terciptanya hubungan kerja yang didasari pada perjanjian perkerjaaan yang mempunyai unsur. Perkembangan yang diharapkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara atau setiap orang tidak bisa dirasakan secara langsung atau dengan kata lain Dinas Tenaga Kerja tidak secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan umum.

Published
Jan 10, 2022
How to Cite
DOHONA, James Wilson Putra; GULO, Nurani; SITEPU, Elisabeth. PERANAN DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA DALAM MENINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKTIFSTIMULASI EKONOMI DI KOTA MEDAN. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 150-156, jan. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1253>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>