PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING BERBANTUAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK BESARAN VEKTOR SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P2020/2021

  • Alim Perangin-angin Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model active learning berbantuan proyek terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok besaran vektor siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta Gajah Mada yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas (cluster random sampling), dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksprimen, yang diajarkan denganmodel active learning berbantuan proyek dan siswa kls X-2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk pilihan berganda pada materi pokok besaran vektor yang terdiri dari 14 soal, dan telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen  adalah 41,33dengan standar deviasi 14,52dan untuk kelas kontrol adalah 40,89dengan standar deviasi 7,50. Sebelum diuji t dilakukan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas dan didapat data kedua kelas berdistrbusi normal dan homogen.Untuk kemampuan awal didapat thitung= 0,28dan ttabel = 2,05. Dimana thitung <ttabel, maka diambil kesimpulan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah pembelajaran berakhir dilakukan postes untuk kedua kelas dan didapat nilai rata-rata  kelas eksperimen adalah 80,00dengan standar deviasi 11,55sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai postes sebesar 73,33dengan standar deviasi 10,39. Berdasarkan uji Homogenitas postes diperoleh data Fhitung =1,09sedangkan Ftabel = 2,48. karena Fhitung (1,090) < Ftabel (2,48) maka data penelitian postes homogen, selanjutnya dilakukan uji statistik  uji t  satu pihak didapat nilai untuk thitung = dan ttabel = 1,70 pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk sebanyak 28. Dari nilai-nilai t tersebut didapat bahwa thitung >ttabel yaitu > 1,70. Hasil uji t inimenunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikanpada model Active Learning Berbantuan Proyek Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Besaran Vektor Siswa Kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2020/2021.

Published
Jan 19, 2021
How to Cite
PERANGIN-ANGIN, Alim. PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING BERBANTUAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK BESARAN VEKTOR SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P2020/2021. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 32-37, jan. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/873>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)