PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

  • Alim Perangin-angin Universitas Darma Agung

Abstract

laborasi terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometris di SMA Budi Murni 2 Medan T.A. 2018/2019.   Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel di pilih menjadi dua kelas dengan cara cluster random sampling yakni kelas XD sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran elaborasi dan kelas XG sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, yang masing-masing terdiri dari 40 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata – rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 3,7 dengan standar deviasi 0,64 dan nilai rata – rata pretes untuk kelas kontrol adalah 3,66 dengan standar deviasi 0,77. Dari uji beda nilai pretes kedua kelas diperoleh t hitung = 0,74 dan t tabel = 1,994. Karena t hitung < t tabel maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan untuk kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran elaborasi dan di kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan postes diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen adalah 7,56 dengan standar deviasi 0,65 dan nilai rata – rata postes kelas kontrol adalah 5,77 dengan standar deviasi 0,74. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga t hitung = 11,62 pada taraf signifikan a = 0,05 dan t tabel = 1,667, maka t hitung > t tabel yaitu 11,62 > 1,667, sehingga hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan  terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometris di kelas X semester II SMA Budi Murni 2 Medan T.A. 2018/2019.

Published
Apr 30, 2020
How to Cite
PERANGIN-ANGIN, Alim. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 43-50, apr. 2020. ISSN 2655-738X. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)