PENGARUH KEBIJAKAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MEREK LIFEBUOY PADA PT. MITRA ANDAL SEJATI MEDAN

  • David Walterus Laia Universitas Darma Agung, Medan
  • R.B. Napitupulu Universitas Darma Agung, Medan
  • Sabar L.T. Simatupang Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan secara simultan Pengaruh Kebijakan Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sabun Merek Lifebuoy pada PT. Mitra Andal Sejati Medan. Penelitian ini menggunakkan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental sampling (sampling peluang). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 orang responden yang telah melakukan pembelian sabun merek lifebuoy pada PT. Mitra Andal Sejati Medan. Kemudian, dalam analisis data penelitian menggunakan statistical product and service solution (SPSS) versi 25.0 dan Microsoft Excel 2007. Hasil Koefisien determinasi penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai R sebesar 92,4% dan nilai R square sebesar 85,3% artinya memiliki hubungan sangat kuat. Kemudian, secara parsial Kebijakan Harga terhadap Keputusan Pembelian thitung > ttabel (5,601 > 1,976) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05, dan Kualitas Produk Terhadap terhadap Keputusan Pembelian thitung < ttabel (4,935 < 1,976) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05 kemudian secara simultan Kebijakan Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian sebesar Fhitung 431,801 > Ftabel 3,060 Dengan hasil tersebut, secara simultan Kebijakan Harga dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sabun Merek Lifebuoy pada PT. Mitra Andal Sejati Medan. Secara parsial Kebijakan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan serta secara parsial kualitas produk menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sabun Merek Lifebuoy pada PT. Mitra Andal Sejati Medan.

Published
May 16, 2023
How to Cite
LAIA, David Walterus; NAPITUPULU, R.B.; SIMATUPANG, Sabar L.T.. PENGARUH KEBIJAKAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MEREK LIFEBUOY PADA PT. MITRA ANDAL SEJATI MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1 - 9, may 2023. ISSN 2715-6001. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/3190>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v12i1.3190.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)