ANALISIS ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT. ISS INDONESIA CABANG MEDAN

  • Yurniman Halawa Universitas Darma Agung
  • Iwandi Aritonang Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anggaran biaya operasional dan realisasinya pada PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Anggaran dapat menjadi alat pengendalian manajemen yang meliputi kegiatan untuk membandingkan hasil aktual (realisasi) dengan rencana yang dianggarkan serta mengambil tindakan koreksi atau umpan balik, sehingga apabila terjadi perbedaan antara realisasi dengan dengan dana yang dianggarkannya, dapat diketahui perbedaan tersebut masih dalam batas-batas pengendalian manajemen atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah data realisasi anggaran operasional pada PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan realisasi keuangan pada periode tahun 2017-2019. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan komparatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Teknik


 


analisis yang digunakan dalam metode ini adalah analisis varians untuk mengetahui besar selisih antara anggaran dan realisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini pencapaian anggaran operasional tahun 2017 mencapai standart dengan presentasi 97.02. Pada tahun 2018 mencapai standart dengan presentasi 97.55. Dan pada tahun 2019 mencapai standart dengan presentasi 97.61 maka diperoleh kesimpulan bahwa analisis varians dari anggaran operasional dengan realisasinya yaitu menghasilkan keuntungan (favorable) atau telah mencapai standart yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa manajemen perusahaan telah melakukan langkah efektif dalam hal setiap biaya operasional perusahaan. Disarankan pada PT. ISS Indonesia Cabang Medan agar lebih memperhatikan anggaran biaya operasional yang dianggarkan dalam kegiatan operasi perusahan sehingga lebih efektif dan efesien untuk mencapai tujuan perusahaan.

Published
Dec 31, 2021
How to Cite
HALAWA, Yurniman; ARITONANG, Iwandi. ANALISIS ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT. ISS INDONESIA CABANG MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 272-280, dec. 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1851>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i2.1851.
Section
Articles