ANALISA PEMAKAIAN JUMLAH BE (BLEACHING EARTH) TERHADAP KUALITAS WARNA DBPO (Degummed Bleached Palm Oil)PADA TANGKI BLEACHER (D202) DENGAN KAPASITAS 2000 Ton / Hari DI UNIT REFINERY PT. SMART Tbk BELAWAN

  • T Hasballah Universitas Darma Agung
  • Leonardo H Siregar

Abstract

Bleaching Earth (BE) adalah salah satu komponen penolong dalam proses pemucatan minyak kelapa sawit (CPO). Minyak kelapa sawit (CPO) terdiri 2 komponen utama yaitu senyawa trigliserida dan senyawa non trigliserida, senyawa trigliserida terdiri dari ester dan gliserol sedangkan nontrigliserida terdiri dari beberapa komponen antara lain karotena asam lemak bebas tokoferolsterol fosfatida tembaga besi kotoran dan lain-lain. Kompenen karotena mengandung betakaroten yaitu sekitar 500 – 700 ppm dengan perincian 36 % α betakaroten dan 54 % β betakaroten. Dengan menambahkan Bleaching Earth (BE) yang mana prosesnya berlangsung di tanki bleacher(D202) maka pigmen merah akan mengurangi warna dan memucatkan betakaroten yang terkandung dalam minyak yang mana warna awal CPO = 20/20 menjadi 17/20. Pengaturan Bleaching Earth (BE) sangat berpengaruh terhadap stability dan quality minyak DBPO dengan dosing antara 0,6 % - 1,4 % dan dipengaruhi juga oleh quality minyak dengan spesifikasi analisa dobi. Penelitian dilakukan dengan menganalisa warna DBPO setelah melakukan trial dosing BE 0,6 % - 1,4 % dengan flowrate 83300 Kg/Jam. Dengan demikian didapatkan dosing BE yang sesuai dengan standar pabrik dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisa regresi sederhana = 1,0 %.

Published
Jan 11, 2021
How to Cite
HASBALLAH, T; SIREGAR, Leonardo H. ANALISA PEMAKAIAN JUMLAH BE (BLEACHING EARTH) TERHADAP KUALITAS WARNA DBPO (Degummed Bleached Palm Oil)PADA TANGKI BLEACHER (D202) DENGAN KAPASITAS 2000 Ton / Hari DI UNIT REFINERY PT. SMART Tbk BELAWAN. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-16, jan. 2021. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/842>. Date accessed: 15 may 2021.
Section
Articles