PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI VISKOSITAS OLI PADA MOTOR BAKAR 4 TAK KAPASITAS 225CC TERHADAP DAYA, TORSI DAN KEBISINGAN MESIN

  • Renaldo Surbakti Universitas Darma Agung, Medan
  • Noven J.M Simamora Universitas Darma Agung, Medan
  • T. Hasballah Universitas Darma Agung, Medan
  • Kristian Tarigan Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Oli pelumas adalah salah satu dari sekian jenis fluida yang digunakan untuk membantu mesin melakukan langkah kerjanya. Karena perubahan kenaikan suhu kekentalan/viskositas oli yang merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan. Apabila kekentalan/viskositas terlalu rendah, lapisan oli yang melumasi komponen mesin akan tipis dan menyebabkan gesekan antar logam semakin besar sehingga komponen mesin akan cepat panas. Maka dengan ini penulis telah melakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan variasi viskositas oli pada motor bakar 4 tak kapasitas 225cc terhadap daya, torsi dan kebisingan mesin. Penelitian ini menggunakan alat ukur dynotest untuk mengetahui peningkatan daya dan torsi. Sedangkan untuk mengukur kebisingan mesin menggunakan alat sound level meter. Pada penelitian ini penulis menentukan jenis-jenis oli pelumas yaitu jenis oli SAE 10W-40, SAE 15W-40 dan SAE 20W-50. Penelitian ini menunjukkan bahwa oli yang efektif digunakan adalah jenis oli SAE 20W-50 dibandingkan dengan jenis oli lainnya dimana pada putaran tertinggi 10.000 rpm daya yang dihasilkan sebesar 8,8 kw, torsi yang dihasilkan sebesar 8,5 Nm dan pada putaran tertinggi 8000 rpm untuk kebisingan mesin sebesar 95,8 dB dengan kapasitas oli sebanyak 1,2 liter.

Published
Dec 31, 2022
How to Cite
SURBAKTI, Renaldo et al. PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI VISKOSITAS OLI PADA MOTOR BAKAR 4 TAK KAPASITAS 225CC TERHADAP DAYA, TORSI DAN KEBISINGAN MESIN. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 268 - 284, dec. 2022. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/2654>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles