PERENCANAAN MESIN FLUIDA (POMPA CENTRIFUGAL)UNTUK MENGALIRKAN MINYAK SAWIT DARI TANGKI HARIAN KE STORAGE TANK DENGAN KAPASITAS 5, 28 TON /JAM

  • Amoi Simolon Universitas Darma Agung, Medan
  • Billy C Manurung Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Mesin Fluida (pompa sentrifugal) adalah pompa tekanan dynamis yang menggunakan konsep kecepatan tekanan untuk menaikkan tekanan kerja fluida, dimana poros merupakan tempat kedudukan impeller yang dilengkapi dengan vanes (sudu-sudu). Impeller biasanya diputar dengan memakai motor dan diselubungi oleh rumah pompa (casing). Prinsip kerja pompa tersebut berfungsi untuk memindahkan/mentransfer suatu fluida dari suatu tempat ketempat lainnya yang diinginkan. Dalam hal ini akan direncanakan suatu pompa untuk mentransfer minyak sawit dari tangki harian ke tangki timbun (Stronge tank) pada suatu pabrik kelapa sawit. Laporan skripsi ini memfokuskan pada perhitungan komponen utama mesin fluida (pompa centrifugal) untuk mengalirkan minyak sawit dari tangki harian ke storage tank kapasitas 5,28 Ton/Jam seperti kapasitas pompa, motor penggerak, kecepatan spesifik, jumlah tingkat, dan efisisensi daya pompa dan motor penggerak. Pengoprasian dan perawatannya harus diperhatikan agar mesin pompa dapat beroprasi dengan optimal, awet sesuai dengan fungsinya. Keselamatan kerja juga diperhatikan untuk menghindari kecelakaan kerja yang tidak diinginkan.

Published
Dec 31, 2022
How to Cite
SIMOLON, Amoi; MANURUNG, Billy C. PERENCANAAN MESIN FLUIDA (POMPA CENTRIFUGAL)UNTUK MENGALIRKAN MINYAK SAWIT DARI TANGKI HARIAN KE STORAGE TANK DENGAN KAPASITAS 5, 28 TON /JAM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1 - 12, dec. 2022. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/2557>. Date accessed: 25 july 2024.
Section
Articles