ANALISA PERBANDINGAN KEMAMPUAN KERJA CHIPPER MACHINE PADA PENYERPIHAN KAYU DENGAN MENGGUNAKAN JUMLAH MATA PISAU YANG BERBEDA DI UNIT WOODYARD PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER

  • Mangandar Lumban Gaol Universitas Darma Agung
  • Berkat Zega Universitas Darma Agung

Abstract

Chipper machine merupakan alat yang berfungsi untuk mencincang kayu gelondongan (log) menjadi serpihan (chip). Untuk mendapatkan chip yang dihasilkan, chipper machine dilengkapi dengan jumlah mata pisau yang dilengketkan pada disc. Ketajaman mata pisau sangat mempengaruhi kualitas chip yang dihasilkan. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemotongan dari chipper machine, cara preventive maintenance, dan cara – cara mengatasi masalah – masalah yang sering terjadi pada saat proses penyerihan kayu. adapun metode pada penelitian ini adalah dilakukan dengan cara observasi langsung terhadap objek yang diteliti. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa waktu yang dibutuhkan chipper machine dalam pencincangan kayu dengan menggunakan 8 mata pisau adalah 0.18 detik, dan dengan menggunakan 10 mata pisau adalah 0.16 detik dengan panjang kayu 2 meter dan diameter kayu 100 mm. Pada saat proses pencincangan kayu sering terjadi masalah yaitu diperlukan daya yang besar terhadap pemakaian 10 mata pisau. Untuk menjaga agar mata pisau tidak cepat tumpul hendaknya operator lebih teliti dalam mengawasi terikutnya benda – benda keras seperti logam dan batu.

Published
Dec 31, 2021
How to Cite
LUMBAN GAOL, Mangandar; ZEGA, Berkat. ANALISA PERBANDINGAN KEMAMPUAN KERJA CHIPPER MACHINE PADA PENYERPIHAN KAYU DENGAN MENGGUNAKAN JUMLAH MATA PISAU YANG BERBEDA DI UNIT WOODYARD PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 148-156, dec. 2021. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/1869>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles