RANCANG BANGUN ALAT BANTU SERVICE SHOCK ABSORBER TIPE COIL SPRING MENGGUNKAN DONGKRAK HIDROLIK OTOMATIS DENGAN KAPASITAS 3,5 TON

  • Walmer Simbolon Universitas Darma Agung
  • Ridho Gultom

Abstract

Shock Absorber adalah salah satu dari komponen pada sepeda motor yang cukup penting. Fungsinya untuk meredam kejutan sehingga pengemudi sepeda motor lebih nyaman dalam berkendara dan kendaraan lebih mudah di kendalikan pada saat berjalan.   Namun Shock Absorber tersebut dapat rusak atau bocor yang di sebabkan oleh beban atau muatan yang melebihi kapasitas dan buruknya kontruksi jalan yang tidak rata, bergelombang dan berlubang. Shock absorber yang rusak atau bocor harus diperbaiki dan di Service supaya bisa digunakan secara baik dan nyaman. Tujuan perancangan ini adalah untuk merancang dan membuat alat bantu Service Shock Absorber tipe coil spring menggunakan dongkrak hidrolik otomatis dengan kapasitas 3,5 ton serta untuk membantu keefektifan pada alat service shock absorber tipe coil spring menggunakan dongkrak hidrolik otomatis dengan kapasitas 3,5 ton. Metode perancangan yang digunakan yaitu “Perancangan dan pengembangan” (Design and Development) untuk meneliti sebuah produk untuk menghasilkan sebuah produk baru, dan selanjutnya menguji keefektifan produk tersebut”. Ini berupa Rancang Bangun Alat Bantu Service Shock Absorber tipe coil spring Menggunakan Dongkrak Hidrolik Otomatis dengan kapasitas 3,5 ton. Hasil perancangan diperoleh Alat bantu Service Shock Absorber tipe coil spring  menggunakan dongkrak hidrolik otomatis dengan kapasitas 3,5 ton lebih efisien dalam membuka pegas dan melepas upper mounth.

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
SIMBOLON, Walmer; GULTOM, Ridho. RANCANG BANGUN ALAT BANTU SERVICE SHOCK ABSORBER TIPE COIL SPRING MENGGUNKAN DONGKRAK HIDROLIK OTOMATIS DENGAN KAPASITAS 3,5 TON. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 160-167, june 2021. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/1830>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles