ANALISIS EFISIENSI MULTI FUEL BOILER DAN PENGARUH AIR HEATER TERHADAP PENINGKATAN EFISIENSI MULTI FUEL BOILER PT TOBA PULP LESTARI, Tbk KAPASITAS 200 TON/JAM

  • Muchtar Pakpahan Universitas Darma Agung
  • Eddy Situmorang Universitas Darma Agung

Abstract

Kebutuhan akan energi listrik yang besar dalam menjalankan suatu pabrik pulp membuat pabrik harus memproduksi listriknya sendiri dan untuk memenuhi kebutuhan listrik listrik ini PT.Toba Pulp Lestari Tbk, Menggunakan sistem pembangkit tenaga uap dengan 2 boiler. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi boiler adalah dengan mememfaatkan panas dalam flue gas sebelum flue gas tersebut dibuang ke udara lingkungan. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam peningkatan efisiensi boiler ini adalah dengan menambahkan suatu alat Pemanas Udara (air heater) pada saluran pembuangan gas buang (flue gas) boiler. Pemanas udara (air heater) ini merupakan alat yang memanaskan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Udara sebelum masuk ke ruang bakar temperaturnya adalah temperatur lingkungan. Dan hal ini juga diharapkan untuk mencapai proses pembakaran yang sempurna di ruang bakar.

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
PAKPAHAN, Muchtar; SITUMORANG, Eddy. ANALISIS EFISIENSI MULTI FUEL BOILER DAN PENGARUH AIR HEATER TERHADAP PENINGKATAN EFISIENSI MULTI FUEL BOILER PT TOBA PULP LESTARI, Tbk KAPASITAS 200 TON/JAM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 56-61, june 2021. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/1800>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles